Langsung ke konten utama

PERSAMAAN TRIGONOMETRI



PERSAMAAN TRIGONOMETRI
A. Persamaan Sinus
Sin x0 = Sin α0
Untuk menentukan himpunan penyelesaiannya ada 2 cara, yaitu :
1.  x = α0 + k. 3600
2.  x = (180 – α) + k . 3600
dimana : k є bilangan bulat (k = 0, 1, 2, 3, …)

B. Persamaan Cosinus
Cos x0 = Cos α0
Untuk menentukan himpunan penyelesaiannya ada 2 cara, yaitu :
1.  x = α0 + k. 3600
2.  x = (– α) + k . 3600
dimana : k є bilangan bulat (k = 0, 1, 2, 3, …)

C. Persamaan Tangen
Tan x0 = Tan α0
Untuk menentukan himpunan penyelesaiannya ada 1 cara, yaitu :
1.  x = α0 + k. 1800
dimana : k є bilangan bulat (k = 0, 1, 2, 3, …)

D. Persamaan a.sin x0 + b.cos x0 = c
Kita ubah dulu a.sin x0 + b.cos x0 menjadi r. cos (x0 – p0)
dimana :
a = koefisien sin x0

b = koefisien cos x0

Download materinya disini :Persamaan Trigonometri
Download soalnya disini : Latihan Soal Persamaan Trigonometri
Lihat video pembahasannya disini : 
Persamaan Trigonometri #Materi
Persamaan Trigonometri #LatihanSoal

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Luas Segitiga Pada Trigonometri

1. JIKA DIKETAHUI 2 SISI DAN 1 SUDUT YANG DIAPIT OLEH KEDUA SISI Perhatikan ∆ATC : Sehingga diperoleh Luas Segitiga ABC sebagai berikut : Dengan demikian dapat disimpulkan jika diketahui dua buah sisi dan satu buah sudut yang diapit oleh kedua sisi tersebut pada segitiga sembarang, maka luas segitiganya adalah : 2.  JIKA DIKETAHUI 2 SUDUT DAN 1 SISI YANG MENGAPIT KEDUA SUDUT Dari persamaan (1) dan (2) diperoleh : Dengan cara yang sama (dengan menggunakan rumus Aturan Sinus), maka akan diperoleh : 3.  JIKA DIKETAHUI PANJANG KETIGA SISINYA Perhatikan ∆ABC adalah segitiga sembarang. Garis CT adalah garis tinggi yang ditarik dari titik C dan membagi ∆ABC menjadi 2 bagian, yaitu : ∆ATC dan ∆BTC. Pada  ∆ATC berlaku : Pada  ∆BTC  berlaku : Diketahui bahwa : s     =  ½ . keliling segitiga s     = ½ ( a + b + c ) 2 s    =  a + b + c sehingga diperole...

Koneksi Antar Materi - Pembelajaran Sosial dan Emosional

Modul 2.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pembelajaran Sosial dan Emosional Menurut Ki Hajar Dewantara, Pendidikan adalah proses  menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia, maupun anggota masyarakat.  Dengan kata lain, Pendidikan merupakan daya dan upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intelektual) dan tubuh anak agar dapat memajukan kesempurnaan hidup, yaitu kehidupan anak yang sesuai dengan dunianya. Salah satu peran guru penggerak adalah menciptakan suasana weel-being ekosistem pendidikan d i sekolah. Itu artinya seorang guru dituntut untuk bisa menciptakan rasa aman, nyaman, sehat dan bahagia bagi murid . Untuk menciptakan suasana well being seorang guru hendaknya memahami tentang pembelajaran sosial emosional agar tercipta lingkungan belajar yang ideal sesuai kebutuhan semua unsur yang ada di sekolah. Pemb...