MODUL 1.4
Nama CGP : Tanson Hasudungan Sijabat
Judul Aksi Nyata :
"Pengelolaan Kesepakatan Kelas sebagai Upaya Meningkatkan
Disiplin Positif Siswa pada Pembelajaran Daring di SMA Swasta Hosana Tahun
Ajaran 2021/2022"
A. Latar Belakang
Pendidikan adalah proses perubahan sikap dan tingkah
laku seseorang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan
pelatihan. Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan adalah menuntun
segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka sebagai manusia dan
anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Pendidikan bukan hanya
semata-mata merupakan proses pemindahan pengetahuan (kognitif) saja melainkan
pendidikan memiliki tujuan penting dalam menumbuhkembangkan karakter yang baik
bagi peserta didik.
Di dalam pendidikan karakter, menanamkan sikap disiplin
positif sangat penting dalam menumbuhkembangkan karakter anak. Dalam menanamkan
sikap disiplin positif tersebut diperlukan suatu proses yang berkelanjutan dan
diharapkan dapat tumbuh di dalam diri
peserta didik melalui pembiasaan dan dilatih secara terus-menerus.
Pandemi Covid-19 saat ini telah menyebabkan terjadinya
krisis pendidikan. Salah satunya adalah menurunnya motivasi dan kedisiplinan
siswa di dalam mengikuti pembelajaran. Banyak guru mengeluhkan siswanya tidak
mengikuti pembelajaran dengan baik. Tugas-tugas yang diberikan melalui pembelajaran
jarak jauh banyak yang tidak dikerjakan siswa. Selain itu adanya kekhawatiran
orang tua ketika anak – anak yang mulai kecanduan dengan HP juga menghambat
aktivitas pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru berkolaborasi
dengan seluruh warga sekolah khususnya kepada peserta didik dalam menerapkan
budaya positif di rumah selama pembelajaran jarak jauh.
Berdasarkan latar belakang tersebut, saya melakukan
aksi nyata pada modul 1.4 Budaya Positif “Pengelolaan Kesepakatan Kelas sebagai
Upaya Meningkatkan Disiplin Positif Siswa pada Pembelajaran Daring di SMA
Swasta Hosana Tahun Ajaran 2021/2022”.
B. Deskripsi Aksi Nyata
Aksi nyata ini dilakukan selama kurang lebih empat
minggu yang dimulai dari Juni s/d Juli 2021. Adapun detail kegiatan ini sebagai berikut :
- Menyusun format angket kesepakatan kelas secara online melalui liveworksheets yang akan diberikan kepada siswa pada tanggal 15 Juni 2021.
- Berkoordinasi dengan kepala sekolah untuk mengajukan sosialisasi rancangan aksi nyata dengan kolaborasi kepada rekan guru sejawat pada tanggal 17 Juni 2021 sebelum rapat pembukaan tahun ajaran 2021/2022 dimulai.
- Melakukan kolaborasi dengan komunitas guru di lingkungan sekolah melalui sosialisasi penerapan budaya positif melalui kesepakatan kelas di awal tahun ajaran baru 2021/2022 pada tanggal 18 Juni 2021.
- Melakukan kolaborasi dengan siswa dalam memberikan draft kesepakatan kelas di Tahun Ajaran 2021/2022 dalam pembelajaran daring melalui video conference Google Meet pada tanggal 24 Juni 2021. (https://www.liveworksheets.com/vz2035591mr)
- Pertemuan pembelajaran matematika di minggu ketiga Juli 2021 pada pembelajaran statistika.
- Pada pertemuan kedua guru memberikan LKPD dan melakukan pengelolaan kelas secara interaktif. (https://www.liveworksheets.com/au2021282dj)
- LKPD yang diberikan merupakan LKPD interaktif sehingga siswa bisa langsung mengerjakan secara online dengan batas waktu yang telah ditentukan guru.
- Siswa menindaklanjuti siswa yang tidak hadir dalam kegiatan pembelajaran secara daring sesuai dengan kesepakatan kelas dengan menghubungi wali kelas dan menghubungi siswa tersebut melalui telpon/sms/whatsapp serta menanyakan ke siswa kendala apa yang menyebabkan siswa tidak hadir dan belum mengumpulkan tugas LKPD.
- Guru menganalisis hasil kehadiran siswa dan mengevaluasi pengumpulan tugas LKPD serta kendala yang dialami siswa pada pertemuan sebelumnya.
C. Hasil dari Aksi Nyata
Hasil dari kegiatan aksi nyata ini dapat dilihat dari segi
kehadiran siswa di kelas XII MIA dimana terdapat 6 orang siswa tidak hadir di
dalam pembelajaran daring, setelah berdiskusi dengan wali kelas dan ke siswa
melalui Whatsapp Group diperoleh informasi bahwa siswa tidak hadir karena paket
data habis dan ada yang beralasan ketiduran. Untuk memfasilitasi hal tersebut,
saya memberikan video pembelajaran melalui Youtube (https://www.youtube.com/c/TansonSijabat) dan memberikannya melalui
Google Classroom dan Whatsapp Group agar dapat memfasilitasi kebutuhan belajar
mereka. Untuk pengumpulan tugas LKPD yang diberikan, saya memberikan waktu dan
kesempatan kepada siswa untuk mengumpulkan tugas yang belum diselesaikan dan
bertanya mengenai kesulitan belajar yang dialami mereka melalui chat pribadi
kepada saya. Sehingga diharapkan dapat menumbuhkan sikap disiplin dan tanggung
jawab sesuai dengan kesepakatan kelas yang telah dibuat dan disetujui bersama.
D. Pembelajaran yang diperoleh dari pelaksanaan Aksi Nyata
Pada pelaksanaan aksi nyata 1.4 ini saya merasa bahwa
pembelajaran yang sudah saya lakukan mendapat respon baik dari siswa yang
hadir. Siswa mengikuti pembelajaran sangat antusias, akan tetapi masih ada
ditemukan beberapa siswa yang tidak hadir dan belum mengumpulkan LKPD. Beberapa
alternatif pilihan yang memudahkan siswa dalam memenuhi kebutuhan belajar
mereka juga saya berikan baik melalui LKPD Online dan juga video pembelajaran
melalui channel Youtube. Beberapa kali saya juga sudah menghubungi siswa
masing-masing melalui chat pribadi. Hal ini menjadi motivasi saya untuk
menemukan cara bagaimana perbaikan yang harus saya lakukan ke depan. Melalui
wali kelaspun sudah saya sampaikan ketidakhadiran siswa dan tugas yang belum
dikumpulkan. Tentu saja pembelajaran dalam menerapkan disiplin positif belum
dapat terwujud dalam waktu yang singkat dan merupakan proses berkelanjutan demi
mewujudkan budaya positif khususnya di dalam pembelajaran.
E. Rencana Perbaikan untuk pelaksanaan di masa mendatang
Adapun rencana perbaikan untuk pembelajaran berikutnya
adalah dengan melakukan kerjasama dan komunikasi yang baik dengan orangtua
(wali) siswa. Saya berharap dengan langkah perbaikan yang saya rencanakan
tersebut dapat tercipta komunikasi dan peran orangtua (wali) yang juga sangat
penting dalam membimbing kegiatan belajar siswa di masa pandemi ini. Dan saya
akan terus semangat untuk memberikan motivasi kepada siswa mengenai pentingnya
disiplin positif dalam pembelajaran dan saya akan terus beradaptasi dan
memodifikasi mengenai pembelajaran yang menyenangkan kepada siswa.
F. Dokumentasi Proses dan Hasil Pelaksanaan
Komentar
Posting Komentar