- Untuk meningkatkan kemampuan guru dan siswa dalam memanfaatkan teknologi di dalam pembelajaran.
- Untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di dalam pembelajaran.
- Untuk meningkatkan kemampuan literasi di dalam memenuhi kebutuhan belajar setiap siswa di sekolah.
Program |
Peningkatan Keterampilan
Literasi Siswa Melalui Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media
Perpustakaan Digital Sekolah |
|
Tahapan |
Pertanyaan
yang muncul |
Daftar tindakan yang
perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan |
Buat pertanyaan (Define) |
Apakah
yang dapat dilakukan dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi siswa di dalam
pembelajaran? |
· Mencari sumber belajar lain
untuk dijadikan bahan referensi mengenai literasi di dalam pembelajaran. ·
Berdiskusi dengan kepala sekolah
terkait kemampuan literasi siswa. |
Ambil pelajaran (Discover) |
Hal menarik apa yang dapat meningkatkan
keterampilan literasi siswa di sekolah? Apa
sumber daya yang dimiliki oleh sekolah |
·
Tersedianya fasilitas laboratorium
komputer dan jaringan internet (Wifi) dalam mendukung program sekolah · Seluruh guru memiliki kemauan
dan dapat saling bekerja sama di dalam mendukung program sekolah. · Seluruh siswa memiliki minat
belajar yang baik.
|
Gali mimpi (Dream) |
Apa
hasil yang diharapkan dari pelaksanaan program Perpustakaan Digital Sekolah
tersebut |
· Meningkatnya
hubungan kerja sama yang baik antar rekan guru. · Meningkatnya minat belajar siswa
di dalam pembelajaran. · Meningkatnya kemampuan literasi
siswa melalui tersedianya Perpustakaan Digital Sekolah tersebut |
Jabarkan rencana (Design) |
Kapan
dan bagaimana strategi yang digunakan dalam upaya meningkatkan
kemampuan literasi siswa dalam pembelajaran |
· Program Perpustakaan Digital
Sekolah dilaksanakan sebelum dan sesudah tahun ajaran dimulai. · Melakukan sosialisasi terhadap
seluruh warga sekolah. · Melakukan pelatihan antar rekan
guru dalam mendukung program perpustakaan digital sekolah untuk meningkatkan
kemampuan literasi siswa. · Melakukan evaluasi dari
pelaksanaan program secara berkelanjutan.
|
Atur eksekusi (Deliver) |
Siapa
saja yang akan terlibat dalam pencapaian ini ? |
·
Kepala
Sekolah ·
Komunitas
guru di sekolah ·
Seluruh
siswa · Orangtua (wali) siswa. |
Kondisi saat ini |
Kondisi yang akan datang |
Risiko |
||||
Strategis |
Keuangan |
Operasional |
Pemenuhan |
Reputasi |
||
Rendahnya minat
belajar dan kemampuan literasi siswa di dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan
tidak tersedianya perpustakaan digital di sekolah. |
Meningkatnya minat
belajar dan kemampuan literasi siswa di dalam pembelajaran dengan tersedianya
perpustakaan digital di sekolah yang dapat diakses dengan mudah oleh siswa di
dalam memenuhi kebutuhan belajarnya. |
Kemampuan beberapa guru dalam memanfaatkan teknologi di
dalam pembelajaran sehingga diadakan pelatihan oleh beberapa guru yang
kompeten dan mampu memanfaatkan teknologi dengan baik.
|
Disesuaikan dengan
kondisi anggaran yang telah disusun secara transparan dan disepakati bersama. |
Mengupayakan
keterlibatan seluruh guru dan siswa dalam mendukung program “Penerapan Perpustakaan
Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa” |
Program tersebut
memanfaatkan fasilitas laptop yang dimiliki oleh guru dan jaringan internet
yang ada di sekolah. Guru yang tidak
memiliki laptop dapat menggunakan fasilitas laboratorium komputer yang ada di
sekolah sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang ada dan tetap melakukan
evaluasi program secara rutin dan berkelanjutan baik dalam proses maupun
prosedural. |
Sekolah dapat
mewujudkan Merdeka Belajar kepada peserta didik. |
MONITORING (MONITORING ) |
EVALUASI ( EVALUATION
) |
PEMBELAJARAN ( LEARNING ) |
PELAPORAN ( REPORTING ) |
Monitoring
kegiatan program dilakukan oleh guru dan wali kelas. |
Evaluasi
melibatkan Kepala Sekolah dan Komunitas Praktisi |
Program
dirancang dengan menggunakan model manajemen tahapan BAGJA melalui pendekatan
berbases aset dan melakukan kegiatan manajemen resiko dan perpaduan kegiatan
MELR demi meraih ketercapaian kemerdekaan belajar menuju profil Pelajar
Pancasila. |
Laporan
dibuat oleh siswa dalam bentuk tulisan / lisan / foto / video sesuai dengan
minat yang dimilikinya. Hasil
laporan tersebut akan dievaluasi oleh guru dan wali kelas sebagai bahan untuk
evaluasi perbaikan dari pelaksanaan program ke depannya. |
Komentar
Posting Komentar